Kamis, 04 April 2013

Tips Menjaga Kesehatan Hati

 10 Tips Menjaga kesehatan hati
       Hati akan sehat jika menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat mencakup diet sehat (pola makan). Pola makan yang tidak sehat dapat merusak hati secara berkelanjutan. Kerusakan hati tidak hanya akibat sering menegak alkohol tetapi kesehatan makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh. Sayuran seperti brokoli, bawang putih dan buah-buahan serta teh, baik untuk kesehatan hati.

                         


Dikutip dari boldsky berikut 10 tips menjaga kesehatan hati :
Sayuran kaya sulfur
Hati menghasilkan enzim yang digunakan oleh semua organ tubuh. Mengkonumsi sayuran yang kaya sulfur seperti kubis, kol, dan brokoli mampu membantu hati meningkatkan produksi enzim.
Lesitin
Lesitin membuat hati sehat. Makanan laut, sayuran hijau, kacang-kacangan dan produk susu yang kaya lesitin membantu meningkatkan produksi Kolin Phoshatidyl yang membangun membran sel hati, sehingga hati menjadi sehat.
Minyak zaitun
Minyak zaitun mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel.
Sayuran Organik
Usahakan untuk mengkonsumsi makanan organik, karena alami dan sangat sedikit pestisida. Penggunaan pestisida yang susah dibersihkan berpotensi terkena serangan radikal bebas serta keracunan makanan.
Vitamin
Sertakan makanan setiap hari dengan menu seperti kentang, almond, brokoli dan wortel, karena makanan ini kaya akan vitamin dan mineral.
Karbohidrat seimbang
Jika mengkonsumsi banyak karbohidrat melebihi yang dibutuhkan, menyebabkan penumpukan lemak di hati. Garam yang berlebih juga menyebabkan disfungsi hati. Kalori tubuh yang masuk dan yang keluar perlu diseimbangkan agar tidak menjadi lemak.
Kurangi kafein
Jika Anda pecinta kopi, sebaiknya mulai untuk mengurangi. Daripada minum 3-4 cangkir kopi setiap hari, lebih baik diganti dengan 8-10 gelas air putih setiap hari.
Antioksidan
Antioksidan menghentikan kerusakan sel-sel akibat radikal bebas. Kubis, wortel, kembang kol, kedelai adalah makanan yang kaya antioksidan.
Singkirkan stres
Stres salah penyebab dari masalah kesehatan, termasuk hati. Stres juga menghasilkan kebiasaan buruk seperti merokok dan menegak alkohol.
Rajin olahraga
Olahraga membuka pori-pori, meningkatkan sirkulasi darah, membakar lemak dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Olahraga seperti renang dan jalan santai (joging) membuat hati sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar