Jumat, 05 April 2013

Hal Hal Yang Memicu dan Cara Mencegah Bau Mulut


Cara Cegah Timbulnya Bau Mulut


Image-7467Cara Cegah Timbulnya Bau Mulut - Untuk mencegah bau mulut, dr Zubairi Djoerban, spesialis penyakit dalam, menyarankan agar sikat gigi dengan pasti gigi secara teratur, bangun tidur dan menjelang tidur. Tidak lupa, sikat gigi sesudah makan akan memperbaiki kesehatan mulut kita dan mencegah bau mulut.
Kebiasaan sikat gigi harus diterapkan sejak sekolah dasar, bahkan harus sudah dimulai sejak anak belum masuk sekolah. Kumur-kumur dengan cairan antiseptik khusus untuk mulut sesudah sikat gigi dengan pasta gigi, juga dapat bermanfaat menghilangkan bau mulut.
Kesehatan mulut penting sekali untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Kesehatan mulut yang terjaga baik, akan meningkatkan kemampuan kita untuk bicara, pidato, tersenyum lebih baik, merasakan makanan, mengunyah, menelan, bahkan dapat memperbaiki ekspresi muka kita.
Diet,  olahraga, dan banyak makan sayur buah akan memudahkan penyakit diabetes yang juga menjadi pemicu bau mulut menjadi lebih terkontrol dan bau mulut pun menghilang.
Bila tak kunjung berkurang, dr Zubairi menyarankan agar berobat ke dokter gigi, selain harus menyikat gigi dengan pasta gigi secara teratur. Bila mempunyai penyakit kencing manis sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam dan perlu ke spesialis THT bila ada kemungkinan radang sinus.

Hal-Hal Yang Memicu Bau Mulut


menghilangkan-bau-mulut-1Hal-Hal Yang Memicu Bau Mulut - Bau mulut memang mengganggu dalam pergaulan. Menurut dr Zubairi Djoerban, spesialis penyakit dalam, penyakit napas bau atau halitosis, adalah keadaan di mana terdapat bau yang tidak menyenangkan dari napas seseorang. Dapat disebabkan oleh bakteria yang berkembang akibat makanan yang tertinggal di dalam mulut.  Halitosis cukup sering ditemukan, dan bersama-sama dengan karies gigi dan penyakit periodontium merupakan penyebab tersering seseorang pergi berobat ke dokter gigi.
Halitosis selain pada orang yang sedang sakit, juga ditemukan pada orang sehat sewaktu  bangun tidur pagi hari. Hal tersebut terjadi akibat bakteria yang berada di sekitar mulut menjadi aktif, karena ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, di sekitar celah-celah gigi, kerongkongan, langit langit, sekitar lidah dan gusi.
Bakteria aktif waktu malam hari ketika kita tidur, karena ada sisa makanan,  pH air liur yang lebih asam, dan kurang aktivitas mengunyah dan bicara.  Sebetulnya mulut bau mudah dicegah, relatif mudah diobati, namun juga mudah terjadi  jika kesehatan dan kebersihan mulut tidak dijaga.
Selanjutnya, menurut dr Zubairi yang juga konsultan onkologi dan hematologi medik ini, bau mulut juga dapat disebabkan oleh penyakit ginjal menahun, penyakit hati menahun, infeksi saluran napas dan sinusitis (radang sinus, rongga di tulang wajah). Bau mulut juga dapat dipicu oleh penyakit di gusi (gusi bengkak atau gusi berdarah). Untuk menghindari bau mulutdiperlukan cukup minum  dan cukup banyak bicara dan mengunyah.
Merokok dan minum alkohol juga merupakan penyebab yang sering ditemukan pada mulut bau (serta penyebab berbagai  penyakit lain), karena itu harus dihentikan. Penyebab mulut bau  yang lumayan sering ditemukan adalah kebiasaan makan  makanan  berbau, misalnya petai, jengkol, bawang, dan durian. Beberapa obat antihistamin, diuretik  juga dapat  mengeluarkan bau tidak enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar